Jelajah Kota Dengan Balikpapan City Tour Bus

Sabtu tanggal 22 Februari 2020 lalu, aku berkesempatan nge-trip bersama Balikpapan Blogger Community (Bpnblogger) dengan mengedarai Balikpapan City Tour Bus. Kami merasa beruntung dan terhormat sekali karena merupakan warga umum pertama yang berkesempatan naik bus keren ini. Balikpapan City Tour Bus telah diresmikan oleh Bapak Walikota Rizal Effendi pada tanggal 10 Februari dalam perayaan HUT ke 123 Kota Balikpapan.

Sumber Foto Teman-Teman Balikpapan Blogger

Kami yang telah mendaftar di WAG berkumpul pada Sabtu pagi di Ruang Creative Center di area Gedung Parkir Klandasan. Tak lama bus datang ke area parkiran. Seorang pemandu wisata dari Disporapar (Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata) menghampiri kami. Setelah prolog sebentar, dan tentu saja sambil mengambil gambar bus untuk dokumentasi, kami naik ke dalam bus berwarna biru ini.

Tabung APAR dan Port USB

Kursi penumpang Balikpapan City Tour Bus didisain berhadap-hadapan, sehingga para penumpang bisa dengan mudah memandang ke kiri atau kanan jalan. Bus ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lumayan lengkap, antara lain; port USB 1.1A dan 2.1A, televisi, perangkat karaoke, tabung APAR (Alat Pemadam Kebakaran Ringan), dan alat pemecah kaca untuk keadaan darurat.

Suasana Di Dalam Bus. Sumber Foto:Bpnblogger

Karena kami warga umum yang pertama naik bus ini, dan acara ini diadakan lumayan mendadak, akhirnya rute yang kami lewati pun masih opsional. Karena pengumuman dari Disporapar sendiri, bus ini akan mulai beroprasi untuk masyarakat umum sekitar minggu depan dari perjalannan kami. Dan yang bikin tambah keren, bus ini disediakan GRATIS. Juga diutus seorang supir dan seorang pemandu wisata yang akan menemani perjalanan mengelilingi Kota Balikpapan.

Lanjut, perjalanan dimulai dari Gedung Parkir Klandasan ke arah Balikpapan Timur. Yang pertama di lewati tepat di samping Gedung Parkir Adalah Taman Bekapai. Taman ikonik yang terletak di tengah Kota Balikpapan ini cantik dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum (Angkot).

Ke arah timur, Mbak Pemandu Wisata menerangkan tampat-tempat di sepanjang jalan yang kami lewati. Karena tur ini terbatas waktu hanya sampai sekitar jam satu siang, kami harus cepat-cepat mendokumentasi apa yang kami lihat.

Lokasi BSSC Dome. Sumber Foto : Bpnblogger

Perhentian pertama adalah BSSC Dome, gedung bundar tempat perhelatan besar biasa di adakan. Sedikit cerita lucu, saat bus masuk ke area Dome, ternyata di dalam gedung sedang diadakan acara pernikahan anak dari salah satu orang penting di Balikpapan. Acara memang belum mulai tapi penjaga sudah siap di area gedung. Bus masuk hingga ke depan gedung, tapi tidak berhenti di sana dan berputar mencari tempat parkir yang pas untuk memotret. Terlihat beberapa orang penjaga itu seperti keheranan, mungkin mengira kami tamu undangan :-D.

Perjalanan kami lanjutkan melewati Gedung Kesenian yang terletak tak jauh dari BSSC Dome (tapi tidak singgah), terus ke arah Batakan dan mampir sebentar di Stadion Batakan yang megah. Aku pribadi sangat senang karena belum pernah berkunjung kesana. Secuil informasi yang Pijar ketahui, di stadion ini pernah dihelat pertandingan sepak bola antara Tim NAsional Indonesia dan Tim Nasional Malaysia.

Lokasi Pantai Manggar. Sumber Foto: Bpnblogger

Pantai Manggar

Masih dengan penuh semangat, perjalanan kami lanjutkan ke Pantai Manggar Segara Sari yang menjadi pantai teramai di Balikpapan, pemandangan pohon kelapa di kiri dan kanan jalan menuju area pantai menjadi ciri khas tempat ini. Bus berhenti di dekat patung beruang madu besar dan di dekat tulisan PANTAI MANGGAR yang kece untuk dijadikan latar berfoto.

Selesai mendokumentasikan Pantai Manggar, dan merupakan tujuan terjauh kami hari ini, akhirnya kami kembali ke arah pulang. Namun masih ada tujuan perhentian kami selanjutnya, Yaitu Pantai Seraya (Sepinggan Raya) yang terletak di belakang Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman  Sepinggan(SAMS). Bus tak bisa masuk ke area pantai karena jalanannya lewat rumah warga. Akhirnya kami turun dan berjalan kaki sekitar satu kilo meter ke area pantai. Karena baru di buka, fasilitas umum dan perawatan pantai ini masih perlu peningkatan lagi. Ada gerumbulan bunga liar yang menarik hati Pijar ketika sampai di area pantai. Dan pemandangan pantai ini berbeda dengan pantai yang pernah aku kunjungi lainnya, ada kapal-kapal nelayan yang sandar di pantai dan beberapa orang nelayan sedang berkegiatan di sana.

Lokasi : Pantai Seraya. Sumber Foto : Bpnblogger

Lokasi PAntai Seraya. Hasil jepretan Kak Hana

Kami berbincang dengan pengelola Pantai Seraya beberapa saat untuk mencari informasi tentang perkembangan pantai ini. Lalu kami pun pamit dan melanjutkan perjalanan.

Lanjut lagi ke arah pulang, kami melewati Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman dan terus ke arah pusat kota. Kami mampir lagi ke Kampung Pinisi. Bus parkir di pinggir JAlan Jenderal Sudirman. Dan kami melanjutkan dengan jalan kaki memasuki gang perkampungan menuju tepi laut. Rumah-rumah warga di Kampung Pinisi di lukis dengan gambar berbagai macam pemandangan. Disain yang warna-warni sangat cocok sebagai background foto yang instgramable. Di ujung kampung ada anjungan kapal yang unik yang juga bisa dijadikan are berfoto.

Kampung Pinisi. Sumber Foto : Bpnblogger

Anjungan Kapal, Kampung Pinisi. Sumber Foto : Bpnblogger

Rencananya kami akan menikmati wisata kuliner juga, namun karena waktu yang terbatas dan pilihan destinasi yang masih opsional, akhirnya kami memutuskan untuk mengakhiri perjalanan.
Tempat bersejarah yang kami lewati sebelum sampai kembali di Gedung PArkir Klandasan adalah Tugu Australi yang terletak di depan Lapangan Merdeka.

Yipp, Balikpapan City Tour Bus ini sangat bermanfaat untuk menunjang fasilitas Kota Balikpapan.
Pijar berterima kasih kepada bpnblogger yang mengajak, dan juga pemerintah kota yang telah menghadirkan bus ini.

Yuk nikmati tur kota Balikpapan dengan mengendarai Balikpapan City Tour Bus! Jadwal berangkat setiap hari Jumat sampai dengan hari Minggu di mulai dari Gedung Parkir Klandasan dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang WITA.

Oiya, Kemana pun perginya, tetap jaga kebersihan ya!